PENGARUH KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PT ASURANSI JIWASRAYA CABANG MANADO KOTA

Bruslihadi Lumintang, Ventje Senduk, Jones Pontoh

Abstract


Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apakah Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen di PT Asuransi Jiwasraya Cabang Manado Kota. Dalam penelitian ini mengunakan alat ukur kuesioner yang bersumber dari penelitian Parasuraman tentang kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Formasi definisi operasional penelitian ini menggunakan teknik scoring.  Teknik scoring yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi atau sekelompok orang tentang fenomena social. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua variabel yaitu: Variabel    independen dan variabel dependen Berdasarkan penelitian yang dilakukan di PT Asuransi Jiwasraya, peneliti dapat memberikan beberapa saran yang kemudian bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk diberlakukan kedepannya yaitu, Kiranya karyawan lebih efektif lagi dalam meyakinkan konsumen karena betapa pentingnya mengelolah perekonomian keluarga dan pentingnya berjaga-jaga untuk kebutuhan di hari tua nantinya. Memberikan produk yang mudah atau terjangkau untuk masyarakan di kalangan bawah sihingga dapat dan mampu membeli polis.Membuka cabang di daerah daerah yang belum mengenal asuransi.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Asuransi Jiwasraya

 

The purpose of this study, namely to determine whether Service Quality affects Customer Satisfaction at PT Asuransi Jiwasraya Manado City Branch. In this study, using a questionnaire measuring tool that comes from Parasuraman's research on service quality and customer satisfaction. The formation of the operational definition of this study uses scoring techniques. The scoring technique used in this study is the Likert scale used to measure attitudes, opinions and perceptions or a group of people about social phenomena. In this study, the researcher used two variables, namely: independent variable and dependent variable. Based on research conducted at PT Asuransi Jiwasraya, the researcher can provide some suggestions which can then be taken into consideration for future implementation, namely, May employees be even more effective in convincing consumers because of how important it is. managing the family economy and the importance of being vigilant for the needs in old age later. Providing products that are easy or affordable for people in the lower class so that they can and can afford a policy. Open branches in areas that are not yet familiar with insurance.

 

Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Jiwasraya Insurance


References


Abbas Salim. (2000). Asuransi dan menejemen resiko. Jakarta: grafindo persada

Akdon, dan Riduwan. (2009). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga

Danarti, Dessy. (2011). Jurus Pintae Asuransi Agar Anda Tenang Aman dan Nyaman. Jakarta: G-Media

Fandi, Tjiptono. (2004). Menejemen Jasa. Edisi Pertama. Jogjakarta: Andi Offset.

Kotler dan Keller. (2007). Menejemen Pemasaran. Jiliod 1. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2000). Menejemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prehalindo

Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I edisi

kedua belas. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, Fredi. (2002). Measuring Costumer Satisfaction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Tjiptono, Fandi. (2007). Strategi Pemasaran. Eidsi Pertama. Yogyakarta: Andi Ofset.

Williams, L & Wilkins. (2011). Memahami Berbagai Macam Penyakit. Alih Bahasa Paramita. Jakarta : PT. Indeks


Refbacks

  • There are currently no refbacks.