PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 1 RATAHAN

Stiven Lesar, Tinneke Sumual, Feine Tulung

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 1 RATAHAN. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Ratahan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut. Peneltian dengan menggunakan model pembelajaran digital dalam hal ini menggunakan model pembelajaran think pair share yang telah dilaksanakan di kelas X1B Multimedia. Menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar dapat diihat dari tahap awal diperoleh data hasil belajar siswa sebanyak 8 siswa telah mencapai KKM Setelah dilakukan post test siklus I, sebanyak 14 siswa atau   telah mencapai KKM yang telah ditetapkan, sedangkan pada siklus II 18 siswa telah mencapai KKM yang telah ditetapkan atau 90% peningkatan  telah terjadi dari siklus I ke siklus II.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar


References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model PengajarandanPembelajaran. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta.

Kurniasih & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena

Joyce dan Weil. 2009. Models of Theacing: Model-model Pengajaran. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyani Sumantri dan Johar Permana.1999.Strategi Pembelajaran.Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Surayya, L. Dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4 tahun 2014

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparwoto. 2004. Kemampuan Dasar Mengajar. Yogyakarta : FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2016). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Soehartono, Irawan. 2004. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Thobroni, M., (2016),Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik, Ar-RuzzMedia, Yogyakarta

Thobroni, M., (2016),Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik, Ar-RuzzMedia, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.