PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA KC TONDANO

Mitchel Janer Jano Najoan, Wilson Bogar, Marlyn Londa

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menyelidiki dampak gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan di PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Tondano. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melibatkan 70 responden sebagai sampel. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan di PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Tondano, baik secara individu (parsial) maupun ketika keduanya digabungkan secara bersama-sama (simultan). Pengaruh dari gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan menunjukkan bahwa jenis kepemimpinan yang diterapkan di organisasi memiliki dampak yang nyata terhadap sejauh mana karyawan mencapai hasil yang diharapkan. Selain itu, temuan ini juga menggarisbawahi pentingnya motivasi dalam meningkatkan kinerja karyawan. Faktor motivasi, seperti pengakuan, insentif, atau kesempatan pengembangan diri, dapat menjadi pendorong utama dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan memotivasi karyawan untuk memberikan yang terbaik.

 

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja Karyawan

 


References


Agustin, F. (2021). "Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Gama Panca Makmur di Tangerang." Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia, 4(2).

Andreani, F., & Wijaya, T. (2015). "Pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sinar Jaya Abadi Bersama." Jurnal Ekonomi & Industri, 3(2).

Basori, M. A. N., Prahyawan, W., & Kamsin, D. (2017). "Pengaruh Kompetensi Karyawan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Krakatau Bandar Samudera)." Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 1(2).

Batubara, S. S. (2020). "Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan pada Departemen Pengadaan PT Inalium (Persero)." Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(1).

Daulay, R., Kurnia, E., & Maulana, I. (2019, October). "Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada perusahaan daerah di Kota Medan." Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 209-218.

Efendi, R. (2017). "Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan." Jurnal Ekonomi Edu, 1(1).

Ekhsan, M. (2019). "Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan." Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(1).

Hanafi, B. D. (2017). "Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi pada PT. BNI Lifeinsurance." Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 5(1).

Kaligis, J. N., Tumbelaka, S. S. X., & Goni, D. (2023). "Organizational Culture, Work Motivation, and Work Effectiveness (Case Study on Hotels in Tomohon and Tondano)." International Journal of Applied Business and International Management (IJABIM), 8(1), 89-100.

Kurniawan, M. (2018). "Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan percetakan Dimas Kota Palembang." Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan, 15(1).

Kurniawan, H., & Arianto, N. (2020). "Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan." Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia, 3(3).

Mariani, L. M. I., & Sariyathi, N. K. (2017). "Pengaruh Motivasi, Komunikasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Warung Mina Peguyungan di Denpasar." Jurnal Manajemen Unud, 6(7).

Moningkey, R., Bogar, W., & Hermanto, B. (2020). "Gaya Kepemimpinan dan Hubungannya dengan Kinerja Pegawai di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil." Manajemen dan Kewirausahaan, 1(1), 1-10.

Ngangi, J., Bogar, W., & Londa, M. (2022). "PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA UD INDOFOAM DI DESA TETEY KECAMATAN DIMEMBE." Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(10).

Satyawari, N. M. R., & Suartana, I. W. (2014). "Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja yang berdampak pada Kinerja Keuangan." Jurnal Akuntansi, 6(1).

Siagian, T. S., & Khair, H. (2018). "Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening." Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1).

Sugiyono. (2016). "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D." Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tumbelaka, S. S. X., & Kaligis, J. N. (2023). "Budaya Organisasi Dalam Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional dan Intention To Leave (1st ed., Issue 1)." PT. Arr Rad Pratama.

Tumiwa, R. A. F., Ajabar, Abbas, D. S., Mandey, H. N. J., Saputra, N., Marentek, M. R., Na’im, Z., Masahere, U., Muafiq, F., Narwadan, T. N. A., & Anita, T. L. (2021). "Reinventing Human Resources Management: Creativity, Innovation and Dynamics (GCAINDO, Ed.; 1st ed.)." Diandra Kreatif.

Widhianingrum, W. (2017). "Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Karyawan BRI Syariah Magetan." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.

Yuniarti, D., & Suprianto, E. (2014). "Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja Karyawan pada Direktorat Operasi/Produksi PT. X." Jurnal Industry Elektro & Penerbangan, 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.