PENGARUH DISPLAY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MULTIMART TOMOHON

Hariyanti Paendong, John Apituley, Aditya Pandowo

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh display, dan brand image terhadap keputusan pembelian di Multi Mart Tomohon menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji realibillitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, uji koefisien korelasi dan determinasi dengan menggunakan program SPSS versi 24. Pengujian hipotesis melalui uji t menunjukkan bahwa variabel display dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.. Kemudian hasil uji F menunjukkan bahwa variabel display  dan brand image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan koefisien determinasi () menunjukkan hasil dari nilai R Square adalah sebesar 0,354 dalam hal ini berarti 35,4% Keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh Display, dan Brand Image. Sedangkan sisanya sebesar 64,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Dispaly, Brand Image, Keputusan Pembelian.


References


Abi, Y. I. (2020). Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Kfc di Kota Bengkulu. Management Insight: Jurnal Ilmiah Manjemen, 15(1), 95-107.

Astari, I. Y. (2019). Pengaruh Display, Harga, Promosi, Pelayanan, Dan Interior Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri. Jurnal Ekuivalensi, 5(1), 83-97.

Faroji, R., & Rifuddin, B. (2021). Pengaruh Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Bina Agramulya di Cimone. Jurnal Tadbir Peradaban, 1(1), 42-47.

Fauziah, F. (2019). Pengaruh sales promotion, brand image, dan instore display terhadap keputusan pembelian pada hypermarket Giant Gresik. (Studi pada Konsumen Hypermarket Giant Gersik). 2(2), 54-54.

Mamonto Fical, Pandowo Aditya, & Angmalisang, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Mineral Meret Indomaret Di Tataaran. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(1). https://ejournal.fekon-unima.ac.id

Harpani, R. (2017). Pengaruh display, brand equity dan brand image terhadap keputusan pembelian pada distro Celsius kota Pangkalpinang (Doctoral dissertation, Universitas Bangka Belitung).

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler & Amstrong. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. PT. Prenhalindo, Jakarta.

Sarinah. Sarinah.co.id. Published 2019. Accessed February 27, 2023. https://sarinah.co.id/sejarah

Schiffman, L. & Kanuk, L. (2007). Perilaku Konsumen. 7th edn. Jakarta: Indeks.

Sunyoto, D. (2015). Manajemen Bisnis Ritel: Teori, Praktik, dan Kasus Ritel. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian, Penerbit Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sopiah, & Syihabudin. (2008). Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakrta: CV. Andi Offset.

Sombolinggi, J., Mamuaya, N., & Mozes Yustus Legi. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan TOP Coffee Toraja pada masyarakat Kota Manado. 2(1), 78-90.

Tellis, Gerard J. 2011. Strategi bundling of product and prices: A New Synthesis for Marketing. Journal Of Marketing. Vol 6.

Tjiptono, Fandy. “Manajemen Jasa”. Andi Yogyakarta, 2006.

Tjiptono, F dan Gregorius Chandra, “Strategi Pemasaran”, edisi pertama, penerbit: Andi Offset, Yogyakarta, 2007.

Widodo Sugeng. (2017). Pengaruh Discount, Display Dan Lokasi Toko Terhadap Keputusan Pembelian di Toko D’sport Kediri. Jurnal Simki-Economic, Vol.1(1), 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.