PENGARUH MOTIVASI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PERUMDA AIR MINUM DUASUDARA KOTA BITUNG

Brayen Pantouw, Jetje Sumampouw, Vinno Petrus Manoppo

Abstract


Penelitian ini bertempat pada Perumda Air Minum Duasudara Kota Bitung. Tujuan dari penelitian ini, yaitu pertama untuk mengetahui pengaruh dari Motivasi Kerja terhadap Produktivitas Kerja karyawan Perumda Air Minum Duasudara Kota Bitung. Kedua, untuk mengetahui pengaruh Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Kerja karyawan Perumda Air Minum Duasudara Kota Bitung, dan ketiga untuk mengatahui pengaruh Motivasi Kerja dan Pengalaman Kerja secara bersama - sama Terhadap Produktivitas Kerja karyawan Perumda Air Minum Duasudara Kota Bitung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan banyaknya sampel yang akan diteliti adalah 44 orang. Hasil dari penelitian ini, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari Motivasi Kerja terhadap Produktivitas Kerja karyawan, Artinya,  jika Motivasi Kerja meningkat,  maka Produktivitas Kerja karyawan juga akan meningkat. Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Kerja karyawan, Artinya,  jika Pengalaman Kerja meningkat,  maka Produktivitas Kerja karyawan juga akan meningkat. Terdapat pengaruh yang signifikan secara Simultan dari Motivasi Kerja dan Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Kerja karyawan Perumda Air Minum Duasudara Kota Bitung, yang berarti jika Motivasi Kerja dan Pengalaman Kerja ditingkatkan, maka Produktivitas Kerja karyawan juga akan meningkat. Kata kunci : Motivasi Kerja, Pengalaman Kerja, Produktivitas Kerja

References


Djarwanto. (1994). Pokok-pokok Metode Riset dan Bimbingan Teknis Penulisan Skripsi. Yogyakarta: Liberty.

Febrianti, N. R. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Pengrajin Kuningan di Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Digital Repository Universitas Jember.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23.

Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, R., & Yusuf Muhammad. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja di Duta Cell ELektronik Kota BIma. Akuntabel, Vol 18 No.2.

Kadarisman, M. (2012). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kristianti, L. S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Motivasi dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan pada PT. Mobilindo Perkasa Di Tanggerang. Jurnal Manajemen dan Akuntansi Volume 15 No.2.

Mangkunegara. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Manulang. (2013). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Marwan, a. (2019). Analisis Jalur dan Aplikasi SPSS Versi 25, Edisi Pertama. Medan: Sefa Bumi Persada.

Osei, M. (2011). The Effect of Motivation On Employee Performance In Ghana Education Service. Ghana: Kwame Nkrumah University.

Rusni. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja, Kompensasi dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Cipta Karya Aceh di Kabupaten Bireuen. Jurnal Kebangsaan, Vol.9 No.17.

Saleh, A. R. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Etos Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Di PT. Inko Java Semarang. Among Makarti Vol.11 No.21.

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Ke-3. Yogyakarta: STIE YPKN.

Sugiarti, E. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pada Starbuck Cofee di Tanggrang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 2, No.3.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: lengkap, praktis dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sutarno. (2012). Serba-Serbi Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Grub.

sutrisno, e. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Grub.

Whina, a. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Pengalaman Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Sumber Graha Sejahtera (SGS) Luwu. Jurnal MAnajemen dan Akuntansi, Volume 15 No.2.

Winardi. (2011). Kepemimpinan dan Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Yunarsih, & Suswatno. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi dan Isu Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.