ANALISIS LITERASI KEUANGAN PADA USAHA INDUSTRI KECIL TAHU DI KOTA TONDANO

Alya Chantika Putri, Rachel Kimbal, Jones Pontoh

Abstract


Literasi keuangan menjadi sesuatu yang sangat diperlukan bagi setiap orang agar dapat menerapkan skala prioritas saat mengelola keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peran pemerintah pada literasi keuangan pelaku usaha industri kecil Tahu di Kota Tondano. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif karena data dikumpulkan dan dideskripsikan oleh penulis menggunakan kata-kata berdasarkan hasil wawancara dengan para pemilik usaha industri kecil yang dilakukan di tiga usaha industri kecil Tahu yang berbeda. Hasil yang ditemukan di lapangan adalah literasi keungan para pelaku usaha industri kecil ada pada kategori Less Literate dan Sufficient Literate, karena ketiga informan memiliki pengetahuan produk dan jasa lembaga keuangan, namun salah satu informan tidak mengetahui manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan. Peran Pemerintah pada usaha industri kecil adalah pemberian pelatihan kewirausahaan dan usaha produksi kecil, sosialasi kebijakan UMKM, bantuan peralatan, bantuan Pemerintah Nomor 7 UU Cipta Kerja, pinjaman modal usaha. Akan tetapi karena kurangnya anggaran dan juga terbatasnya jumlah peserta yang diundang dalam pelatihan menyebabkan tidak semua usaha industri kecil yang diteliti dalam penelitian ini mengikuti program pemerintah yang disebutkan. Hal lain yang menyebabkan pihak Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Minahasa tidak dapat menjangkau usaha kecil yang adalah karena pelaku usaha industri kecil tidak mendaftarkan usaha mereka secara resmi pada instansi Pemerintah.

                                                                                                                                                                                  

Kata kunci : literasi keuangan; usaha industri kecil; peran Pemerintah

References


Apriliana, R. M. (2020). Peran Literasi Keuangan Terhadap Minat Menggunakan Go-Pay : Perspektif Ekonomi Islam di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Skripsi, Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Deny, S. (2020). Simak Pentingnya Peran Literasi Keuangan dalam memulai Usaha. Liputan 6. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4366742/simak-pentingnya-peran-literasi-keuangan-dalam-memulai-usaha (Diakses tanggal 6 Desember 2021)

Desiyanti, R. (2016). Literasi Dan Inklusi Keuangan Serta Indeks Utilitas UMKM di Padang. BISMAN: Jurnal Bisnis & Manajemen, Vol. 2(2), Hal. 122-134.

Fahlevi, M., Yusnaidi, & Irmalis, A. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Dan Inklusi Keuangan Bagi Masyarakat Agraris di Kawasan Pedesaan. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, Vol. 5(2), Hal. 182-190.

Kimbal, R. W. (2015). Modal Sosial dan Ekonomi Industri Kecil: Sebuah Studi Kualitatif (1st ed.). Deepublish. Yogyakarta.

Kimbal, R. W. (2020). Peran Modal Sosial di kalangan Pekerja Perempuan dalam Penguatan Manajemen Usaha Industri Kecil. Jurnal Manajemen, Vol. 15(1), 44–57.

Masruroh, S. (2016). Analisis Literasi Keuangan Ibu Rumah Tangga Desa Wonojati Jenggawah Jember. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Jember.

Ristiono, M. H. (2016). Peran Mata Kuliah Manajemen Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa ( Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ). Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rustanto. (2013). Studi Komunikasi Pemasaran Kerajinan Rotan Klaster Trangsan (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Klaster Rotan Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo). Naskah Publikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi Dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Hal. 1-16.

Saparie, G. (2017). Upaya Peningkatan Literasi Keuangan. Tribun Jateng. https://jateng.tribunnews.com/amp/2017/06/19/upaya-peningkatan-literasi keuangan?page=2 (Diakses tanggal 7 Juni 2022).

Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.)). Literasi Media Publishing. Yogyakarta.

Ulfatun, T., Udhma, U. S., & Dewi, R. S. (2016). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Angkatan 2012-2014. Pelita, Universitas Negeri Yogyakarta, Vol. XI(2), Hal. 1-13.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, 1 (2008).

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Nominal, Vol. VI.

Zahroh, F. (2014). Menguji Tingkat Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan Pribadi, Dan Perilaku Keuangan Pribadi Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Semester 3 Dan Semester 7. Skripsi, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang.

Wuryaningrat, N. F., Katuuk, D. A., Kumajas, L. I., & Tuerah, I. J. C. (2021). Millennials' Social Perceptions When Implementing New Habit Adaptations in North Sulawesi. Society, 9(2), 539-556.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.