PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. BANK SULUT GO CABANG MELONGUANE KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Agliholmes Tamawiwy, Mareyke Sumual, Vinno Petrus Manoppo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini, yaitu pertama untuk mengetahui pengaruh dari Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Bank Sulut Go Cabang Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud. Kedua, untuk mengetahui pengaruh Motivasi terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Bank Sulut Go Cabang Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, dan ketiga untuk mengatahui pengaruh Pelatihan Dan Motivasi secara bersama - sama terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Bank Sulut Go Cabang Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, dan banyaknya sampel yang diteliti adalah 35 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan penyebaran kuesioner. Teknik pengolahan data diproses menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Hasil dari penelitian ini, yaitu pertama terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari Pelatihan terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Bank Sulut Go Cabang Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, kedua terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari Motivasi terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Bank Sulut Go Cabang Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, dan ketiga Terdapat pengaruh yang signifikan secara Simultan dari Pelatihan dan Motivasi terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Bank Sulut Go Cabang Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud.

 

Kata Kunci : Pelatihan; Motivasi; Prestasi Kerja Karyawan


References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT.Remaja Rosda Karya, Bandung.

A.M, Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Amalya Winda, 2017. Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pabrik Sarung Tenun Behaestex Kediri, terbit dijurnal Simki-Economic Vol. 01 No. 06 Tahun 2017.

Ambar, Teguh Sulistiyani dan Rosidah, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta : Graha Ilmu). 2009.

Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis. Cetakan Ke 3. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Bernadin dan Rusel, 1993. Human Resources Mamagement. New Jersey: International Editions Upper Saddle River, Prentice Hall.

Bintarti S dan Ergo NK, 2017. A Study of Revisit Intention : Experiental Quality and Image of Muara Beting Tourism Site in Bekasi District terbit dijurnal European Research Studies Journal Vol. XX, Issue 2A, 2017.

Edy Sutrisno. 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Kencana.

Edy Sutrisno. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia(Cetakan ke tujuh). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gomes, Faustino Cardoso. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Andi Offset.

Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Hasibuan, Malayu. 2008. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

I Komang, Ardana, dan Ni Wayan Mujiati, (2009), Perilaku Keorganisasian, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Justine T. Sirait, 2006, Memahami Aspek-aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi, PT Grasindo, Jakarta.

Kartika, Ika. (2011). Mengelola Pelatihan Partisipatif. Bandung: Alfabeta.

Martoyo, Susilo. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jogjakarta: PT BPFE – JogJakarta.

Marwansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Setiawan, Toni. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja, Motivasi, Kepuasan Kerja dan Produktivitas. Jakarta: Platinum.

Siagian, 2013, Manajemen Sumber daya Manusia, Bumi aksara, jakarta..

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA).

Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Cetakan Pertama). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Suwatno. & Priansa, D. 2011. Manajemen SDM dalam organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tjutju Yuniarsih dan Suwatno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Veithzal Rivai, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek, Rajagrafindo persada, Bandung.

Veithzal Rivai. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Veithzal, Rivai & Ella Jauvani Sagala. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dan Teori ke Praktik. PT Raja Grafindo. Jakarta Wibowo (2012). Manajemen Kinerja. Jakarta: raja Grafindo Persada.

Wirawan, 2009. Evaluasi Kerja Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Salemba Empat.

Yayuk Budi Iriyani, 2015. Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pt Bina Kerja Cemerlang, terbit dijurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana Vol. 3. No. 3September 2015, ISSN : 2338 – 4794.

YKPN.T. Hani Handoko. 2007. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE Yogyakarta.

Yuyun Yuniash, 2015. Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Pada Kantor Kementrian Agama Tasikmalaya, terbit dijurnal Ekonomi Manajemen : volume 1, nomor 1, November 2015.

Zameer, Ali, Nisar & Amir. 2014. The Impact of the Motivation on the Employee's Performance in Beverage Industry of Pakistan. International 104 Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences.

Wuryaningrat, N. F., Katuuk, D. A., Kumajas, L. I., & Tuerah, I. J. C. (2021). Millennials' Social Perceptions When Implementing New Habit Adaptations in North Sulawesi. Society, 9(2), 539-556.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.