PENGARUH PELATIHAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. SEKAR JAYA ESA TOMOHON

Ester Lisye Tambariki, Yance Tawas, John Apituley

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Sekar Jaya Esa Tomohon, baik secara parsial maupun simultan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Sekar Jaya Esa Tomohon, berjumlah 39 orang. Ukuran sampel adalah 39 orang (Seluruh jumlah populasi). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : 1) Pelatihan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Sekar Jaya Esa Tomohon. Ini dibuktikan dengan thitung 2,069 sedangkan ttabel 1.69092, 2) Disiplin Kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini dibuktikan dengan thitung 2,911 sedangkan nilai ttabel 1.69092, 3) Pelatihan dan Disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Sekar Jaya Esa Tomohon. Ini dibuktikan dengan nilai Fcount sebesar 17,652 dengan sig. 0,000. Kontribusi efektif semua variabel independen (Pelatihan dan Disiplin kerja) berjumlah 49,5% dari kinerja karyawan.

 

Kata kunci : Pelatihan, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

References


Adin Gustina (2015) Pengaruh Kualitas Pelatihan dan Kondisi Lingkungan Pelatihan Terhadap Efektivitas Pelatihan di Sentra Pendidikan BRI Yogyakarta (E-Jurnal Management).

Ambar Teguh Sulistiyani Rosidah. Manajemen Sumber Daya Manusia. Konsep, Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik. Graha Ilmu.

Dea F.S, Donant A.I (May, 2018) Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Biro Organisasi dan Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan. (Jurnal Elektronik REKAMAN, Riset Ekonomi Bidang Manajemen dan Akuntansi, ISSN 2598-8107, Vol 2 No 1, May 2018).

Denis G. Lagale., P.A. Mekel, J.L.Sepang. Pelatihan, Disiplin Kerja dan Kualitas Kerja Terhadap Prestasi Kerja pada PT. PLN (PERSERO) Area Manado (Jurnal ISSN 2303-1174).

Herman Sofyan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu.

Jurnal Mandiri Ilmu Pengetahuan, Seni dan Teknologi, Vol 3, No 1, Juni 2019 : 150-169. Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja terhadap kinerja karyawan PT. Surya Mustika Nusantara.

Jurnal Agora Vol. 6, No 2 (2018) Pengaruh Kualitas Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. Bumi Menara Internusa.

Riani, A. L. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Kini. In A. L. Riani, Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Kini. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Rosidah, S. A. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia (Konsep, Teori dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Publik) . In S. A. Rosidah, Manajemen Sumber Daya Manusia (Konsep, Teori dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Publik) . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tony Wijaya (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis (Teori dan Praktik). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.