PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN TARERAN KABUPTEN MINAHASA SELATAN

Clythia Fransisca Tuwonaung, Meike Mamentu, Marlyn Londa

Abstract


ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Sumber daya manusia (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Efektivitas Kerja Pegawai (Y) di Kantor Kecamatan, Tareran Kabupaten Minahasa Selatan, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Populasi pada penelitian ini , yaitu Pegawai Kantor Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan yang berjumlah 31 orang, dan sampel pada penelitian ini, yaitu 31 orang (Seluruh jumlah populasi). Teknik analisis data yang dipakai pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: 1) Kualitas Sumber daya manusia (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Kantor Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan. Dengan indeks regresi sebesar 2,298 dengan signifikan 0,029 kurang dari 0,05.  2) Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Kerja Pegawai di Kantor Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan. Dengan indeks regresi 2,068 dengan signifikan 0,048 kurang dari 0,05. Besar kontribusi efektif semua variabel independen (Kualitas SDM dan Kualitas Pelayanan) berjumlah 43,2% dari  Efektivitas Kerja Pegawai dan 56,8% oleh variabel lain.

 

 

Kata Kunci : Kualitas SDM, Kualitas Pelayanan, Efektivitas Kerja


References


ardiasmo.(2017). Perpajakan. Yogyakarta: Andi. Mardiasmo.(2016).Efisiensi dan Efektifitas.Jakarta: Andy. Mega Ersita dan Inggriani Elim.

Ndraha juncto Surat Keterangan Kepala Desa Sihareo ... SAMSIDARIS dengan Nomor : 474.4 / Disdukpil/ 2017tanggal 02 Februari 2017;7.

Matindas, R. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia; lewat Konsep AKU. (ambisi, kenyataan dan usaha). Pustaka Utama Grafiti. Jakarta. Mulyadi. (2001).

Sutarto. 2012. Dasar-dasar Kepemimpinan Administrasi. Edisi Delapan. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press GMUP. Syadam, Gouzali. 2010. Manajemen

Ravianto J. 2014. Produktivitas dan Pengukuran, Jakarta. Binaman Aksara,. Serikat Perusahaan Pers, 2018. http://www.spsindonesia.org

Etzioni (dalam Tangkilisan,2005:139), Efektivitas adalah tingkat sejauh mana suatu organisasi yang merupakan sistem sosial dengan segala sumber

Kusdi. 2009. Teori Organisasi dan Administrasi. Jakarta: Salemba Humanika

Abdullah (1990) dan Acok (1991), sependapat bahwa kualitas sumber daya manusia selalu tidak akan terlepas dari sebuah kerja professional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.