PENGARUH HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MANADO

Visy Malonda, Nova Mamuaya, Stefani Angmalisang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat harga dan iklan terhadap keputusan pembelian pada online shop Shopee. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling accidental dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji statistik t dan uji statistik F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan harga dan iklan terhadap keputusan pembelian pada online shop Shopee. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung harga sebesar 4,146; nilai signifikansi 0,000 < 0,05; koefisien regresi sebesar 0,293; dan nilai t hitung iklan sebesar 6,244; nilai signifikansi 0,000 < 0,05; koefisien regresi sebesar 0,391; dan nilai F hitung harga dan iklan sebesar 72,616; nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

 

Kata Kunci : Harga, Iklan dan Keputusan Pembelian

References


Astrid Chintya Andita. 2017. “Pengaruh Iklan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswa Konsumen Isoplus di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta)”. Skripsi.

Cooper dan Emory, 1996, Metode Penelitian Bisnis, Jakarta: Erlangga.

Ghozali, Imam, 2009, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

¬¬____________ ; 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

____________ ; 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

____________; 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irna, Fitri. 2016. “Analisis Promosi Penjualan Online, Harga, Kepercayaan,Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian OnlineCeker Brontak (Studi Pada Ceker Brontak Kota Bandar Lampung)”. Skripsi.

Lenggang, Kurnia Intan Devi. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Surabaya)”.Skripsi.

Maya Riska Framayani. 2018. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Memperhatikan Volume Penjualan Sepeda Motor Yamaha Pada Dealer Lautan Teduh Cabang Bandar Sribhawono. Skripsi.

Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis.Yogyakarta: CV Andi Offset.

____________; 2013. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Gava Media. Yogyakarta.

Rahmila Chairani Puspita. Sri Suryoko. 2018. Pengaruh Iklan, Harga, dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon Pada Mahasiswa S1 di Universitas Diponegoro. Jurnal Administrasi Bisnis. 7(1): 19-24. Jurnal.

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business: Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________; 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

________; 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2016. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

https://www.materibindo.com/2018/06/pengertian-iklan-menurut-para-ahli.html(diakses pada 10 Oktober 2019)

http://www.pendidikanekonomi.com/2013/01/tahap-tahap-keputusan-pembelian.html(diakses pada 11 Mei 2019)

http://www.pendidikanekonomi.com/2013/02/pengertian-dan-fungsi-periklanan.html(diakses pada 11 Oktober 2019)

http://www.pendidikanekonomi.com/2012/10/pengertian-keputusan-pembelian-konsumen.html(diakses pada 11 Mei 2019)

https://teksiklan.blogspot.com/2017/11/mengenal-pengertian-fungsi-dan-tujuan.html(diakses pada 10 Oktober 2019)

http://isnainilina.blogspot.com/2015/11/makalah-keputusan-pembelian.html(diakses pada 11 Mei 2019)

https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2015/02/definisi-harga-menurut-para-ahli.html(diakses pada 11 Mei 2019)

https://ilmumanajemenpemasaranwordpress.com/2009/10/31/fktr-pngarh-kep-pmblian/(diakses pada 11 Mei 2019)

http://junaidichaniago.wordpress.com. (diakses pada 09 Maret 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.