PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI DI PT. SINAR PURE FOODS INTERNATIONAL BITUNG

Nicita Clara Nelwan, Hennij Suot, Marlyn Londa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan bagian produksi di PT. Sinar Pure Foods International Bitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diedarkan kepada 60 karyawan di bagian produksi yang menjadi populasi dan sampel. Hasil penelitian ini dianalisa menggunakan analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear berganda, determinasi (r2),  uji f, uji t, uji koefisien dengan menggunakan program Microsoft word, Microsoft excel dan SPSS 25. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Motivasi dan Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja karyawan bagian produksi di PT. Sinar Pure Foods Internasional Bitung. Hal ini dutunjukan dari hasil uji koefisien determinasi (r2) dengan bantuan SPSS 25, Hal ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang cukup kuat antara Motivasi dan Kompensasi dengan Kepuasan kerja, dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya variabel motivasi dan kompensasi berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja

 

Kata Kunci : Motivasi, Kompensasi, Kepuasan Kerja

References


Alex, S. 1980. Manajemen Personalia, Cetakan Ketiga, Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Ardana, komang, dkk. 2013. Perilaku keorganisasian. Edisi pertama. Graha ilmu. Yogyakarta.

Burhanudin/Fakultas Ekonomi Universitas Janabadra//februari 23, 2009 (Pengaruh Kompensasi terhadap Kepuasan kerja).

Duha, Timotius. 2016. Perilaku Organisasi (edisi 1) Cetakan ke 1. Yogyakarta: Deepublish Publishes.

Ghozali, Imam. “Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23”. Edisi 8, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2016.

Hamdan (2019). Pengaruh kepemimpinan kewirausahaan dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada universitas serang raya. Fakultas ekonomi dan bisnis universitas serang raya, jurnal manajemen e-ISSN 2627-7872/2088-8554 Volume 9, No. 1, juni 2019.

Hani, T Handoko. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT Bumi Aksara, Jakarta 2009

Hasibuan, Malayu S.P (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketujuh Belas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Imas Pernamasari/Fakultas Ekonomi Universitas Garut//jurnal pembangunan dan kebijakan publik | Vol. 04, No. 01; 2013. ISSN: 2087-1511 (Pengaruh Kompensasi Terhadap kepuasan kerja pegawai pada Eliza Parahyangan Sub Cabang Garut.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods)

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sunyoto. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT. Indeks.

Suryawan, Ian Nurpatria dan Richard Andrew. 2013. Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Media Riset Bisnis dan Manajemen. Vol. 13, No.1, April 2013.

Sutrisno, E. (2011), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Prenada Media Group.

Sutrisno, Edy.2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenanada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.