PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA DI KANTOR KEMENTRIAN AGAMA PROVINSI SULAWESI UTARA

Irfranry Langi, Tinneke Sumual, Jetje Sumampouw

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Di Kantor Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Utara dan Berdasarkan hasil analisis Validitas instrument, dengan membandingkan antara besarnya  yang diperoleh dengn  dengan = 0,05, maka uji validitas instrument dilakukan dengan manual diperoleh 9 butir instrumen valid untuk variabel (X) dan 15 butir instrument valid pada variabel (Y). dengan demikian 24 butir instrument telah memenuhi syarat untuk digunakan dalam penelitian. Uji Reabilitas instrument bertujuan untuk mengetahui besarnya indeks instrument dari variable. Setelah dilakukan uji validitas dan diperoleh butir pernyataan yang valid, selanjutnya dilakukan uji reabilitas dengan menggunakan rumus Cronbach’ alpapada program SPSS. Keputusan untuk mengetahui bahwa instrument adalah realibel jika nilai koefisien reabilitas > 0.6.

Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis pengaruh komitmen organisasi terhadap produktivitas kerja pegawai Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini didasarkan pada hasiluji thitung sebesar 6.93 sedangkan ttabel sebesar 1.694 (N=34 dan tarafsignifikan 5%). Jadi thitung lebih besar darit tabel, ternyata terdapat pengaruh yang signifikan dari komitmen organisasi terhadap produktivitas kerja pegawai Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara. Hal ini sesuai dengan kondisi yang peneliti temukan dilapangan. Dengan kata lain variable komitmen organisasi apabila diaplikasikan denganbaik maka dapat meningkatkan produktivitas kerja pegawai dan dapat membantu dalam pengembangan/pencapaian tujuan organisasi.

Kata Kunci : Komitmen Organisasi, Produktivitas Kerja


References


Allen, N.J. & Meyer, J.P. 1996. Affective, continuance, and normative commitment to the organization. Journal of Vocational Behavior.

A.m. Sugeng Budiono. 2003. Bunga Rampai Hiperkes dan Kesehatan Kerja. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan dan praktek, Jakarta. Rineka Cipta.

David, Fred R. 2005. Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat

Eko Widodo, Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya manusia. Yogyakarta: Erlangga

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2014. Perilaku Organisasi Edisi 9. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Luthans, F. 1995. Organizational Behavior. Tokyo: Mc Graw-hill Kogakhusa. Ltd.

Moorhead, Gregory dan Ricky W. Griffin. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Puspitawati, Ni Made. 2014. Kepuasan Kerja dan komitmen Organisasi: Pengaruhnya Terhadap Kualitas Layanan (studi kasus pada Hotel Bali Hyatt Sanur). 2014. https://www.academia.edu/10693350/PENGARUH_KEPUASAN_KERJA_TERHADAP_KOMITMEN_ORGANISASIONAL_DAN_KUALITAS_LAYANAN

Riyanto, J. 1986. Produktivitas dan Seni Usaha. Jakarta: SIUP

Robbins SP, dan Judge. Perilaku Organisasi Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Syarif, Rusli. 1991. Produktivitas. Bandung: Angkasa

Suparman. 2007. Analisis Pengaruh Peran Kepemimpinan, Motivasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja (studi kasus pada Kabupaten Sukamara, Jawa Tengah). Semarang. http://eprints.undip.ac.id/18683/1/SUPARMAN.pdf

Tumbelaka, Steven, Taher Alhabsji, & Umar Nimran. 2016,”Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional Dan Intention To Leave (Studi pada Karyawan PT.Bitung Mina Utama)” Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1, Januari 2016, Hal 95-108.

Usman, Husaini. 2006. Manajemen-teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.